Senin, 27 Desember 2010

DALIL DAN KANDUNGAN SERTA KHASIAT MADU LEBAH

XAMTHONE PLUS Jus manggis untuk segala penyakit. Peluang usaha waralaba jus manggis xamthone plus klik www.waralabaxamthone.com UNTUK BELANJA ONLINE KLIK www.binmuhsingroup.comDETAILPRODUK KUNJUNGI www.grosirxamthoneplus.blogspot.comUNTUK PEMESANAN HUBUNGI :HP: 085227044550 Tlp: 021-91913103 SMS ONLY: 081213143797@MyYM @MyFacebook @MyTwitter @MyYuwie @MyFriendsterbinmuhsin_group@yahoo.co.id
===

Artikel ini dikutip dan diedit serta ditulis ulang dari buku Rahasia Kesehatan Nabi karanagn Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad Sayyid terbitan Tiga Serangkai Th.2008 Hlm.153. - 162

Madu Lebah

Allah berfirman, “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia, kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. “ (QS An-Nahl: 68- 69)

Madu sebagai makanan dan obat bukanlah hal yang baru. Manusia sudah mengetahui sejak awal penciptaan. Manusia juga mengetahui keistimewaan-keistimewaan madu sebagai makanan dan obat. Oleh karena itu, memosisikannya sebagai makanan paling utama yang harus dikonsumsi.

Kitab-kitab yang turun dari langit (kitab-kitab samawi) banyak menyebut tentang madu. Dalam Al-Qur'an Allah SWT berfirman, “..di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.... “ (QS An-Nahl: 69)

Sebenarnya madu sudah disebutkan dalam kitab Taurat, yaitu ketika Nabih Ya’qub a.s. berangkat ke Mesir beserta anak­anaknya untuk kedua kalinya. la menganjurkan anak-anaknya memberikan madu kepada Fir'aun sebagai hadiah baginya dari Bani Israel.

Diriwayatkan dari Sulaiman a.s. yang bijaksana bahwa Beliau berkata, “Berangkatlah kalian. Carilah madu serta pergunakanlah ia. “

Madu banyak ditemukan pada kuburan-kuburan Fir'aun. Meskipun sudah lama, madu masih tetap bagus. Hanya saja ada perubahan pada warnanya yang agak kehitaman. Hal ini menunjukkan kelayakan madu dalam membasmi bakteri­bakteri yang dapat mcrusak makanan. Oleh karena itu, madu dijuluki sebagai “penjaga yang jujur”.

Lebah terbang mencari bunga-bunga yang herbau hanzm. Lebah-lebah itu dapat membedakan antara bunga yang bermanfaat dan yang tidak melalui bau dan warnanya. Setiap satu lebah dapat menyuplai sekitar 10 gram madu setiap hari meskipun ia harus terbang sebanyak 60 kali pulang-pergi.

Madu mempunyai berbagai macam jenis, sesuai dengan daerah dan musim pengttmpulannya. Madu yang paling bagus adalah madu yang dikumpulkan di waktu musim semi.

Sebelum berbicara tentang urgensi madu sebagai makanan dan obat, terlebih dahulu kita memerhatikan tabel yang akan menjelaskan nilai nutrisi yang dikandung setiap 100 gram madu yang menghasilkan 294 kilokalori.

Tabel 14. Nutrisi Madu (dalam 100 g bahan)

Unsur

Kadar

Unsur

Kadar

Air

20 g

Protein

0,3 g

Karbohidrat

79.5 g

Vitamin B,

Sisa

Vitamin 1

0,04 mg

Nicotinic acid

0,2 mg

Fosfor

0,16 mg

Pantothenic acid

0,2 mg

Kalsium

5 Ing

Tembaga

0,2 mg

Vitamin C

4 mg

Besi

0,9 mg

Stearic acid

50 mg

Potasium

10 Ing

Dengan memerhatikan tabel tersebut, kita dapat melihat banyaknya zat-rat makanan penting yang dikandung madu.

Madu jauh lebih baik dibandingkan minuman buatan yang biasa dijual di apotek-apotek, yang katanya dapat menguatkan, mengaktifkan, dan mengundang selera, tetapi ternyata minuman-minuman tersebut banyak membahayakan kesehatan, pencernaan sulit menerima minuman buatan itu. Selain itu, minuman buatan itu pun dapat membahayakan karena memiliki zat-zat pewarna dan pengawet buatan yang dikandungnya. Sebenarnya zat-zat ini adalah racun yang akan merusak dan menggerogoti tubuh.

Vitamin-vitamin yang ada pada madu sebagai berikut.

a. Vitamin A.

Vitamin A adalah vitamin yang harus ada untuk pertumbuhan tubuh dan pemeliharaan sel-sel kulit. Biasanya zat karotena di dalam had dapat diubah menjadi vitamin A. Vitamin ini mempunyai peranan penting bagi penglihatan dan pemeliharaan kornea mata dan conjungtiva (selaput dalam pelupuk mata). Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun malam, radang (infeksi) hati, rasa lemah pada seluruh tubuh, dan proses pertumbuhan akan terlambat.

b. Vitamin B (Niacine)

Niasin adalah vitamin yang dapat mencegah penyakit pelagra (penyakit kulit karena kurang vitamin B) yang mengenai kulit, selaput lendir, dan alat pencernaan. Jika hal ini terjadi, kulit yang sering terkena sinar matahari akan pecah-pecah, seperti tangan, kaki, dan leher. Kulit juga akan menjadi kasar, bahkan menyebabkan luka. Pada selaput lendir, kekurangan vitamin B akan mengakibatkan peradangan dan pembengkakan pada hidung, mulut, tenggorokan, dan lidah yang disertai luka-luka pada setiap bagiannya.

Kekurangan vitamin B pada alat pencernaan dapat menyebabkan berbagai macam gangguan yang dapat

mengurangi kemampuan perut besar mengeluarkan asam hidroklorik, bahkan dapat menimbulkan penyakit diare yang parah. Masih banyak lagi gangguan lain, seperti gangguan saraf, sakit kepala, vertigo, kelumpuhan pada jari­jari, dan lemahnya daya ingat otak.

c. Vitamin B3 (Pantothenic acid)

Vitamin ini sangat penting untuk membentuk zat asetil kolin yang sangat penting bagi tubuh. Kekurangan vitamin ini dapat mengakibatkan kehilangan suprarenal (kelenjar di atas ginjal), pemutihan dan kerontokan pada rambut, luka-luka pada saluran pencernaan, dan gangguan pada sel saraf.

Madu juga mengandung vitamin E (tokoferol) yang dapat membantu proses pencernaan makanan. Kekurangan vitamin E dapat mengakibatkan kekeringan dan infeksi kulit, kekurangan zat hemoglobin, serta kekeringan pada selaput lendir.

Madu lebah juga mengandung sebagian folic acid yang dapat membantu alat pencernaan melaksanakan tugasnya sesempurna mungkin dan membantu pembentukan saluran peredaran darah merah. Kekurangan asam folat (bagian dari vitamin B kompleks) dapat mengakibatkan penyakit anemia yang parah, penyakit hati, dan pankreas.

Beberapa percobaan menyatakan bahwa madu lebah juga mengandung sebagian vitamin K. Vitamin K sangat penting untuk penggumpalan darah.

Adapun enzim pada madu merupakan zat yang sangat diperlukan tubuh karena mempunyai peranan pokok untuk menyempurnakan proses kehidupan sel-sel dalam tubuh dengan mudah dan pada derajat suhu panas tubuh biasa.

Beberapa enzim terpenting yang ada pada madu adalah sebagai berikut.

1. Enzim Invertase

Enzim ini mengubah zat gula tebu menjadi fruktosa dan glukosa. Keberadaan enzim ini pada madu lebah secara terus-menerus menandakan aktifnya proses perubahan tersebut sehingga madu dapat keluar dari sel. Akan tetapi, enzim ini dapat rusak karena suhu panas. Telah terbukti bahwa memanaskan madu sampai suhu 80 derajat Celsius selama sembilan menit dapat merusak enzim invertase.

2. Enzim Amilase

Enzim ini dapat terlihat jelas pada madu dari kelenjar lebah yang terletak di bawah tekak (saluran antara rongga mulut dan kerongkongan). la dapat memengaruhi zat-zat kanji yaitu zat tempat terbentuknya madu lebah. Memanaskan madu selama satu jam pada suhu 80 derajat Celsius dapat merusak enzim amilase.

3. Enzim Katalase

Enzim ini berfungsi menguraikan peroksida menjadi air dan oksigen (enzim pengoksid dalam darah dan jaringan).

Doktor Ali Mu'nis, guru besar di bidang alat pencernaan pada kuliah kedokteran di Universitas Ain Syams, Kairo, Mesir berkata, “Madu lebah dapat digunakan seperti halnya gula. Namun, karena harganya mahal, ia tidak dijadikan sebagai pengganti gula. Akan tetapi, dengan keistimewaannya yang dapat terjaga dari air menjadikan madu lebih baik daripada gula untuk keperluan-keperluan rumah tangga, seperti menyiapkan kue dan roti.” Sebagian orang minum madu dicampur susu murni atau susu zabadi. Ada juga yang menggunakan madu sebagai pengganti gula untuk membuat teh atau kopi.

Madu mengandung unsur-unsur makanan yang luar biasa walau kadarnya kecil. Madu dianggap makanan penting bagi anak kecil, orang dewasa, dan orang sakit karena mengandung zat-zat yang mudah dikunyah. Sebagian orang percaya bahwa madu sangat penting bagi pertumbuhan bayi. Jika madu dicampur susu dapat menambah pertumbuhan dan berat badan yang lebih baik dibanding gula dicampur susu. Di samping itu, tidak menimbulkan diare. Berbeda dengan gula dicampur susu yang kadang dapat menimbulkan diare.

Madu agar lebih cair harus dihangatkan. Madu lebah dapat mengubah zat-zat gula menjadi cair jika dipanaskan pada suhu 30 derajat selsius di bak air hangat. Untuk menjaga madu lebah agar tidak rusak akibat pemakaian sehari-hari, dianjurkan meletakkan madu pada botol-botol kaca atau plastik yang tutupnya kuat. Besar tabungnya tidak boleh melebihi 500 cm. Jangan biarkan madu terkena cuaca agar tidak menyerap air cuaca yang lembap. Ambillah madu dengan sendok bersih dan kering.

Orang-orang Mesir Kuno menjadikan madu lebah sebagai obat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Madu lebah terdiri atas berbagai macam zat gula baik tunggal, ganda maupun majemuk. Yang terpenting adalah gula buah­buahan (fruktosa), gula anggur (glukosa) dan gula tebu (sukrosa). Madu lebah juga mengandung kadar air sebanyak 17 % sampai 19 % yang dapat memelihara keawetan madu dan stabilitas manfaatnya. Jika air bertambah, madu akan rusak.

Madu lebah mengandung beberapa enzim pencerna yang membantu proses pencernaan dan pelarutan serta berbagai macam bahan mineral, asam, dan vitamin. Di samping itu, madu lebah mengandung berbagai zat asam yang sangat penting yang dibutuhkan tubuh, seperti ascorbic acid (asam askorbat) dan tartaric acid (asam tartarat).

Madu dapat memberikan keseimbangan alkali beserta zat asam hasil proses kerja tubuh akibat perasaan lemas dan loyo. Setelah mengonsumsi madu, manusia akan merasakan semangat dan bertenaga.

Dari berbagai susunan dan keistimewaan madu lebah ini, madu dapat diibaratkan sebagai makanan yang paling berharga, jernih, dan banyak manfaat, serta paling mudah dicerna dan larut. Jadi, madu merupakan sumber kesehatan. Oleh karena itu, ia digunakan mengobati kelemahan jasmani, kekurusan, dan kekurangan gizi pada anak-anak. Madu lebah dapat disandingkan dengan berbagai macam obat agar rasanya dapat diterima dan enak. Menambahkan madu lebah pada segelas susu hangat sebelum tidur dapat memberikan kenikmatan di malam hari.

Minuman madu lebah yang dicampur perasan jeruk nipis digunakan untuk menghindari gejala-gejala kedinginan, khususnya ketika musim dingin. Ramuan ini dapat mengobati batuk dan serak pada tenggorokan. Adapun madu lebah yang dicampur perasan jeruk manis dan ragi bir merupakan menu pengundang dan penguat selera makan.

Madu lebah bermanfaat mengobati penderita penyakit gula akut yang memakai zat insulin ketika berobat. Akan tetapi, pemakaiannya tidak boleh berlebihan.

Madu lebah dapat digunakan sebagai obat para pecandu arak karena mengandung fruktosa yang membantu penyembuhan gejala stagnasi (kelesuan) alkohol pada hati. Oleh karena itu, madu lebah biasanya digunakan bersama perasan jeruk nipis untuk menyadarkan para pecandu arak. Madu lebah dapat difungsikan mengobati penderita hepatitis karena dapat membantu menghilangkan racun dan sisa-sisa sebagian zat yang tidak terpakai pada hati.

Madu lebah juga biasa digunakan mengobati luka bakar. Ada yang berpendapat, “Mengoleskan madu lebah pada luka bakar menjadikan luka bakar itu sembuh dengan cepat tanpa meninggalkan bekas.” Beberapa buku kedokteran pernah menyebutkan hal di atas.

Madu lebah dapat digunakan mengobati luka-luka. Keistimewaannya adalah tidak menempel pada luka, membersihkan luka dari kuman-kuman, bebas dari bakteri­bakteri, dan mempercepat penyembuhan luka.

Madu lebah juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan. Pada tahun 1835 di London, tersiar kabar bahwa madu lebah dapat memperindah dan melindungi kulit, mencegah dan mengobatinya dari pecah-pecah, serta sangat ampuh bagi bibir dan kulit tangan.

Pada tahun 1972 Charles Reflon mengumumkan bahwa madu lebah dicampur susu murni dapat menghasilkan kecantikan 100 %. la memberikan kesuburan dan kecantikan pada kulit karena madu dan susu mengandung susunan alami yang penting. Oleh karena itu, madu lebah dimasukkan dalam salah satu komposisi bedak dan alat-alat kecantikan. Dua sendok besar madu lebah ditambah satu liter air hangat dapat dipakai membersihkan kulit dan membuka pori-pori.

Madu lebah dapat juga digunakan sebagai masker wajah dan leher, selama 10 menit. Kemudian dicuci dengan air hangat agar menghasilkan kulit yang segar dan cantik. Dapat juga membuat masker untuk wajah dan leher dari campuran madu lebah, gliserol dan kuning telur. Cara pemakaiannya, masker tersebut diletakkan pada wajah selama 15-20 menit, kemudian dicuci dengan air hangat.

Ramuan kecantikan yang lain tersusun atas 100 gram perasan mentimun dan 100 ml alkohol 40 %, lalu dibiarkan pada tempat yang gelap dan dingin selama delapan hari, kemudian disaring dan dicampur 100 gram madu lebah. Ramuan ini dapat dipakai dengan sehelai kain tipis sebagai masker pada wajah selama satu jam. Setelah itu dicuci dengan air hangat.

Ada yang berpendapat bahwa madu dapat memberikan kesuburan dan kecantikan pada rambut. Pada zaman dahulu ada seorang perempuan asal Belanda bernama Sarah yang meninggal pada tahun 1744 dalam usia 84 tahun. la adalah wanita yang memiliki rambut paling bagus. Dikisahkan, selama hidupnya ia selalu mencuci rambutnya dengan madu lebah. Caranya dengan menambahkan dua sendok besar madu lebah pada satu liter air hangat. Kita pun banyak menyaksikan madu lebah dimasukkan dalam berbagai jenis komposisi sampo.

a. Makanan Ratu Lebah

Makanan ratu lebah adalah cairan susu yang dihasilkan dari proses kerja keras kelenjar khusus yang ada pada permukaan kepala lebah. la digunakan untuk makanan sang ratu dan larva-larva lebah kecil. Makanan ratu lebah ini dapat disediakan dengan mengeluarkannya dari rumah-rumah ratu bersegi enam yang mengandung larva-larva lebah kecil. Kemudian ia dimasukkan ke dalam botol-botol kecil yang lehernya luas, licin, dan berwarna hitam pekat, lalu diisi penuh hingga tidak ada ruang udara. Tutup botol hendaknya tutup plastik. Jangan memakai penyumbat dari balok-balok gabus pelambung atau logam. Jika makanan ratu ini disimpan pada suhu 52 derajat Celcius dapat bertahan selama dua bulan. Jika disiapkan pada suhu 18 derajat Celcius dapat bertahan selama beberapa tahun.

Mungkin juga menyimpan makanan ratu tersebut dalam bentuk bubuk, tetapi kadang ia akan mengkristal. Jika berada pada suhu 2 sampai 4 derajat Celcius ia akan mencair. Proses pengkristalan ini akan cepat mencair jika disimpan pada suhu normal selama beberapa minggu, warnanya menjadi kuning atau cokelat, dan berbau menyengat karena menguraikan protein yang ada. Proses penguraian protein ini akan makin cepat ketika kelembapan cuaca bertambah, dan selanjutnya akan terjadi pembusukan pada makanan ratu.

b. Cara Mengonsumsi Makanan Ratu Lebah

Makanan ratu lebah diminum sebelum sarapan dalam keadaan jernih dengan ukuran 4-5 milligram setiap hari. Dapat juga dicampur dengan madu sebanyak 1%, lalu campuran ini diminum satu sendok kecil di waktu pagi sebelum sarapan. Mungkin juga memerahnya di bawah lidah atau mengunyah kapsul yang memuat 1-5 miligram makanan ratu kering. Makanan ratu lebah ini dapat digunakan mengobati gejala kurang gizi, kelesuan pada sekujur tubuh akibat kurang gizi, lemah syahwat akibat kelesuan pada sekujur tubuh, penyakit-penyakit ketuaan, dan mengaktifkan haid yang terputus bagi wanita akibat kelesuan pada sekujur tubuh.

Makanan ratu lebah ini dapat digunakan mengobati penyakit-penyakit saraf dan kejiwaan serta penyakit kulit yang kronis. la dapat berfungsi mengembalikan sel-sel epidermis pada orang dewasa, menghilangkan kerut-kerut dan mengaktifkan aliran darah pada kulit. Dengan demikian, ia dapat memberikan kesuburan dan kecantikan.

1 komentar: