Minggu, 31 Oktober 2010

Tata Laksana Limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening)

Sebagai pengelola blog saya hanya bisa mengatakan: "Apapun jenis keluhan kelenjar getah beningnya, dimanapun benjolannya... cobalah konsumsi dan berobat dengan xamthone plus dan rasakan khasiatnya setelah minum 1 sd 3 botol." Tentu saja ini saya katakan berdasarkan pengalaman saya menghadapi orang-orang yang terkena kanker kelenjar getah bening dan alhamdulillah banyak sekali yang merasa tertolong.
XAMTHONE PLUS Jus manggis untuk segala penyakit. Peluang usaha waralaba jus manggis xamthone plus klik www.waralabaxamthone.com UNTUK BELANJA ONLINE KLIK www.binmuhsingroup.comDETAILPRODUK KUNJUNGI www.grosirxamthoneplus.blogspot.comUNTUK PEMESANAN HUBUNGI :HP: 085227044550 Tlp: 021-91913103 SMS ONLY: 081213143797@MyYM @MyFacebook @MyTwitter @MyYuwie @MyFriendsterbinmuhsin_group@yahoo.co.id
===

sumber : www.sehatgroup.web.id

11/14/2007

Pendahuluan

Kelenjar getah bening terdapat di beberapa tempat di tubuh kita. Seringkali timbul benjolan-benjolan di daerah tempat kelenjar getah bening berada dan seringkali pula hal itu menimbulkan kecemasan baik pada pasien, ataupun orang tua pasien apakah pembesaran ini merupakan hal yang normal, penyakit yang berbahaya ataukah merupakan suatu gejala dari keganasan. Untuk itu perlu dikenali kemungkinan-kemungkinan penyebab dari pembesaran kelenjar getah bening tersebut dan gambaran klinisnya sehingga mengetahui alur tatalaksana yang akan dilakukan. Pembesaran kelenjar getah bening 55% berada di daerah kepala dan leher karena itu bahasan diutamakan pada pembesaran kelenjar getah bening di daerah kepala dan leher.

Kelenjar getah bening (KGB)

Kelenjar getah bening adalah bagian dari sistem pertahanan tubuh kita. Tubuh kita memiliki kurang lebih sekitar 600 kelenjar getah bening, namun hanya didaerah submandibular (bagian bawah rahang bawah; sub: bawah;mandibula:rahang bawah), ketiak atau lipat paha yang teraba normal pada orang sehat.

Terbungkus kapsul fibrosa yang berisi kumpulan sel-sel pembentuk pertahanan tubuh dan merupakan tempat penyaringan antigen (protein asing) dari pembuluh-pembuluh getah bening yang melewatinya. Pembuluh-pembuluh limfe akan mengalir ke KGB sehingga dari lokasi KGB akan diketahui aliran pembuluh limfe yang melewatinya.

Oleh karena dilewati oleh aliran pembuluh getah bening yang dapat membawa antigen (mikroba, zat asing) dan memiliki sel pertahanan tubuh maka apabila ada antigen yang menginfeksi maka kelenjar getah bening dapat menghasilkan sel-sel pertahanan tubuh yang lebih banyak untuk mengatasi antigen tersebut sehingga kelenjar getah bening membesar. Pembesaran kelenjar getah bening dapat berasal dari penambahan sel-sel pertahanan tubuh yang berasal dari KBG itu sendiri seperti limfosit, sel plasma, monosit dan histiosit,atau karena datangnya sel-sel peradangan (neutrofil) untuk mengatasi infeksi di kelenjar getah bening (limfadenitis), infiltrasi (masuknya) sel-sel ganas atau timbunan dari penyakit metabolit makrofag (gaucher disease)

Dengan mengetahui lokasi pembesaran KGB maka kita dapat mengerahkan kepada lokasi kemungkinan terjadinya infeksi atau penyebab pembesaran KGB.



Epidemiologi

Limfadenopati merujuk kepada ketidaknormalan kelenjar getah bening dalam ukuran, konsistensi ataupun jumlahnya. Pada daerah leher (cervikal), pembesaran kelenjar getah bening didefinisikan bila kelenjar membesar lebih dari diameter satu sentimeter. Pembesaran kelenjar getah bening di daerah leher sering terjadi pada anak-anak. Sekitar 38% sampai 45% pada anak normal memiliki kelenjar getah bening daerah leher yang teraba. Dari studi di Belanda terdapat 2.556 kasus limadenopati yang tidak dapat dijelaskan dan 10% dirujuk kepada subspesialis, 3.2% membutuhkan biopsi dan 1.1% mengalami keganasan. Studi kedokteran keluarga di amerika serikat tidak ada dari 80 pasien dengan limfadenopati yang tidak dapat dijelaskan yang mengalami keganasan dan tiga dari 238 pasien yang mengalami keganasan dari limadenopati yang tidak dapat dijelaskan.

Pasien usia >40tahun dengan limfadenopati yang tidak dapat dijelaskan memiliki risiko keanasan 4% dibanding risiko keganasan 0,4% bila ditemukan pada psien <40tahun.

gambar 1. kelenjar getah bening daerah leher, arah aliran dan kemungkinan penyebab. gambar diambil dari aafp

gambar 2. kelenjar getah bening daerah lipat paha, arah aliran dan kemungkinan penyebab. Gambat diambil dari aafp

gambar 3. kelenjar getah bening daerah lengan, arah aliran dan kemungkinan penyebab. Gambar diambil dari aafp

Etiologi (penyebab)

Pembesaran kelenjar getah bening dapat dibedakan menjadi lokal atau umum (generalized). Pembesaran kelenjar getah bening umum didefinisikan sebagai pembesaran kelenjar getah bening pada dua atau lebih daerah. Daerah-daerah terdapatnya kelenjar getah bening adalah :

Gambar diambil dari www.aafp.org

Penyebab yang paling sering adalah hasil dari proses infeksi dan infeksi yang biasanya terjadi adalah infeksi oleh virus pada saluran pernapasan bagian atas (rinovirus, virus parainfluenza, influenza, respiratory syncytial virus (RSV), coronavirus, adenovirus atau reovirus). Virus lainnya virus ebstein barr, cytomegalovirus, rubela, rubeola, virus varicella-zooster, herpes simpleks virus, coxsackievirus, human immunodeficiency virus. Bakteri pada peradangan KGB (limfadenitis) dapat disebabkan Streptokokus beta hemolitikus Grup A atau stafilokokus aureus. Bakteri anaerob bila berhubungan dengan caries dentis (gigi berlubang) dan penyakit gusi. Difteri, Hemofilus influenza tipe b jarang menyebabkan hal ini. Bartonella henselae, mikrobakterium atipik dan tuberkulosis dan toksoplasma.

Keganasan seperti leukimia, neuroblastoma, rhabdomyosarkoma dan limfoma juga dapat menyebabkan limfadenopati. Penyakit lainnya yang salah satu gejalanya adalah limfadenopati adalah kawasaki, penyakit kolagen, lupus. Obat-obatan juga menyebabkan limfadenopati umum. Limfadenopati daerah leher perah dilaporkan setelah imunisasi (DPT,polio atau tifoid).

Masing-masing penyebab tidak dapat ditentukan hanya dari pembesaran kelenjar getah bening saja, melainkan dari gejala-gejala lainnya yang menyertai pembesaran kelenjar getah bening.

Gejala klinis

Diagnosis limfadenopati memerlukan anamnesis (wawancara), pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang bila diperlukan. Pada anamnesis dapat didapatkan :

anamnesis Keterangan

Lokasi pembesaran kelenjar getah bening Pembesaran kelenjar getah bening pada dua sisi leher secara mendadak biasanya disebabkan oleh infeksi virus saluran pernapasan bagian atas. Pada infeksi oleh penyakit kawasaki umumnya pembesaran KGB hanya satu sisi saja. Apabila berlangsung lama (kronik) dapat disebabkan infeksi oleh mikobakterium, toksoplasma, ebstein barr virus atau citomegalovirus.

Gejala-gejala penyerta (symptoms) Demam, nyeri tenggorok dan batuk mengarahkan kepada penyebab infeksi saluran pernapasan bagian atas. Demam, keringat malam dan penurunan berat badan mengarahkan kepada infeksi tuberkulosis atau keganasan. Demam yang tidak jelas penyebabnya, rasa lelah dan nyeri sendi meningkatkan kemungkinan oleh penyakit kolagen atau penyakit serum (serum sickness-ditambah riwayat obat-obatan atau produk darah).

Riwayat penyakit sekarang dan dahulu Adanya peradangan tonsil (amandel) sebelumnya mengarahkan kepada infeksi oleh streptokokus; luka lecet pada wajah atau leher atau tanda-tanda infeksi mengarahkan penyebab infeksi stafilokokus; dan adanya infeksi gigi dan gusi juga dapat mengarahkan kepada infeksi bakteri anaerob. Transfusi darah sebelumnya dapat mengarahkan kepada citomegalovirus, epstein barr virus atau HIV.

Penggunaan obat-obatan Limfadenopati dapat timbul setelah pemakaian obat-obatan seperti fenitoin dan isoniazid. Obat-obatan lainnya seperti allupurinol, atenolol, captopril, carbamazepine, cefalosporin, emas, hidralazine, penicilin, pirimetamine, quinidine, sulfonamida, sulindac). Pembesaran karena obat umumnya seluruh tubuh (generalisata)

Paparan terhadap infeksi Paparan/kontak sebelumnya kepada orang dengan infeksi saluran napas atas, faringitis oleh streptokokus, atau tuberkulosis turut membantu mengarahkan penyebab limfadenopati.

Riwayat perjalanan atau pekerjaan Perjalanan ke daerah-daerah afrika dapat mengakibatkan terkena tripanosomiasis, orang yang bekerja dalam hutan dapat terkena tularemia

Pemeriksaan fisik

Pemeriksaan fisik

Secara umum Malnutrisi atau pertumbuhan yang terhambat mengarahkan kepada penyakit kronik (berjalan lama) seperti tuberkulosis, keganasan atau gangguan sistem kekebalan tubuh

Karakteristik dari kelenjar getah bening KGB dan daerah sekitarnya harus diperhatikan. Kelenjar getah bening harus diukur untuk perbandingan berikutnya. Harus dicatat ada tidaknya nyeri tekan, kemerahan, hangat pada perabaan, dapat bebas digerakkan atau tidak dapat digerakkan, apakah ada fluktuasi, konsistensi apakah keras atau kenyal.

• Ukuran : normal bila diameter 0,5cm dan lipat paha >1,5cm dikatakan abnormal)

• Nyeri tekan : umumnya diakibatkan peradangan atau proses perdarahan

• Konsistensi : keras seperti batu mengarahkan kepada keganasan, padat seperti karet mengarahkan kepada limfoma; lunak mengarahkan kepada proses infeksi; fluktuatif mengarahkan telah terjadinya abses/pernanahan

• Penempelan/bergerombol : beberapa KGB yang menempel dan bergerak bersamaan bila digerakkan. Dapat akibat tuberkulosis, sarkoidosis, keganasan.

Pembesaran KGB leher bagian posterior (belakang) terdapat pada infeksi rubela dan mononukleosis. Supraklavikula atau KGB leher bagian belakang memiliki risiko keganasan lebih besar daripada pembesaran KGB bagian anterior.

Pembesaran KGB leher yang disertai daerah lainnya juga sering disebabkan oleh infeksi virus.

Keganasan, obat-obatan, penyakit kolagen umumnya dikaitkan degnan pembesaran KGB generalisata.

Pada pembesaran KGB oleh infeksi virus, KGB umumnya bilateral (dua sisi-kiri/kiri dan kanan), lunak dan dapat digerakkan. Bila ada infeksi oleh bakteri, kelenjar biasanya nyeri pada penekanan, baik satu sisi atau dua sisi dan dapat fluktuatif dan dapat digerakkan. Adanya kemerahan dan suhu lebih panas dari sekitarnya mengarahkan infeksi bakteri dan adanya fluktuatif menandakan terjadinya abses. Bila limfadenopati disebabkan keganasan tanda-tanda peradangan tidak ada, KGB keras dan tidak dapat digerakkan (terikat degnan jaringan di bawahnya)

Pada infekswi oleh mikobakterium pembesaran kelenjar berjalan minguan-bulan, walaupun dapat mendadak, KGB menjadi fluktuatif dan kulit diatasnya menjadi tipis, dan dapat pecah dan terbentuk jembatan-jembatan kulit di atasnya.

Tanda-tanda penyerta

(sign) Adanya tenggorokan yang merah, bercak-bercak putih pada tonsil, bintik-bintik merah pada langit-langit mengarahkan infeksi oleh bakteri streptokokus. Adanya selaput pada dinding tenggorok, tonsil, langit-langit yang sulit dilepas dan bila dilepas berdarah, pembengkakan pada jaringan lunak leher (bull neck) mengarahkan kepada infeksi oleh bakteri difteri. Faringitis, ruam-ruam dan pembesaran limpa mengarahkan kepada infeksi epstein barr virus. Adanya radang pada selaput mata dan bercak koplik mengarahkan kepada campak. Adanya pucat, bintik-bintik perdarahan (bintik merah yang tidak hilang degnan penekanan), memar yang tidak jelas penyebabnya, dan pembesaran hati dan limpa mengarahkan kepada leukomia. Demam panjang yang tidak berespon dengan obat demam; kemerahan pada mata; peradangan pada tenggorok, “strawberry tongue”; perubahan pada tangan dan kaki (bengkak, kemerahan pada telapak tangan dan kaki); limfadenopati satu sisi (unilateral) mengarahkan kepada penyakit kawasaki.

Alur Diagnosis

diambil dari RCH

Diagnosis banding :

Benjolan di leher yang seringkali disalahartikan sebagai pembesaran KGB leher :

• •Gondongan : pembesaran kelenjar parotits akibat infeksi virus, sudut rahang bawah dapat menghilang karena bengkak

• •Kista duktus tiroglosus : berada di garis tengah dan bergerak dengan menelan

• •Kista dermoid : benjolan di garis tengah dapat padat atau berisi cairan

• •Hemangioma : kelainan pembuluh darah sehingga timbul benjolan berisi jalinan pembuluh darah, berwarna merah atau kebiruan.

Tatalaksana

Tatalaksana pembesaran KGB leher didasarkan kepada penyebabnya. Banyak kasus dari pembesaran KGB leher sembuh dengan sendirinya dan tidak membutuhkan pengobatan apapun selain dari observasi. Kegagalan untuk mengecil setelah 4-6 minggu dapat menjadi indikasi untuk dilaksanakan biopsi kelenjar getah bening. Biopsi dilakukan bila terdapat tanda dan gejala yang mengarahkan kepada keganasa, KGB yang menetap atau bertambah besar dengan pengobatan yang tepat, atau diagnosis belum dapat ditegakkan.

Pembesarab KGB pada anak-anak biasanya disebabkan oleh virus dan sembuh sendiri, walaupun pembesaran KGB dapat berlangsung mingguan. Pengobatan pada infeksi KGB oleh bakteri (limfadenitis) adalah antibiotik oral 10 hari dengan pemantauan dalam 2 hari pertama flucloxacillin 25mg/kgBB empat kali sehari. Bila ada reaksi alergi terhadap antibiotik golongan penisilin dapat diberikan cephalexin 25mg/kg (sampai dengan 500mg) tiga kali sehari atau eritromisin 15mg/kg (sampai 500mg) tiga kali sehari.

Bila penyebab limfadenopati adalah mikobakterium tuberkulosis maka diberikan obat anti tuberkulosis selama 9-12 bulan. Bila disebabkan mikobakterium selain tuberkulosis maka memerlukan pengangkatan KGB yang terinfeksi atau bila pembedahan tidak memungkinkan atau tidak maksimal diberikan antibiotik golongan makrolida dan antimikobakterium. Pemeriksaan penunjang bila limfadenopati akut tidak diperlukan, namun bila berlangsung >2minggu dapat diperiksakan serologi darah untuk epstein barr virus, citomegalovirus, hiv, toxoplasma; tes mantoux, rontgen dada, biopsi dimana semuanya disesuaikan dengan tanda dan gejala yang ada dan yang paling mengarahkan diagnosis.

Kesimpulan

Pembesaran kelenjar getah bening daerah leher biasa ditemukan dan umumnya tidak berbahaya. Observasi merupakan hal utama. Diagnosis didapatkan dari wawancara pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang apabila diperlukan. Bila diagnosis belum dapat ditentukan dan tidak didapatkan tanda dan gejala ke arah keganasan dapat doibservasi daulu selama 3-4 minggu.

Bahan bacaan :

• 1.Ferrer R. Lymphadenopathy : Differential diagnosis and evaluation. AAFP (58);6.1998. Diakses dari http://www.aafp.org/afp/981015ap/ferrer.html

• 2.Leung AKC, Robson WLM. Childhood Cervical Lymphadenopathy. Diakses dari http://www.medscape.com/viewarticle/467025

• 3.Peters TR, Edwards KM. Cervical Lymphadenopathy and Adenitis. Pediatrics in Review (21);12.2000

• 4.Bazemore A, Smucker DR. Lymphadenopathy and Malignancy. Am Fam Physician 2002;66:2103-10. Diakses dari http://www.aafp.org/afp/20021201/2103.html

• 5.Royal Children Hospital. Cervical Lymhadenopathy. Diakses dari http://www.rch.org.au/clinicalguide/cpg.cfm?doc_id=5166

dr. Anto

65 Tanggapan untuk posting ini.

  1. nice artikel…

    thanks ya buat yang selanjutnya…

    sangat bermanfaat…

  2. Posted by i n a f i s a c h on Desember 24, 2008 at 12:57 pm

    wah mksh bgdh y . . .

    jd bs ngrjain LI ni . .

  3. aku ,usia 16th

    ak punya benjolan di leher sbelah kiri-kanan yg ga bgtu bsr,ukuran nya kira2 kya kelereng tp lbh kcl lg

    aku ud ngalamin ini kira2 dr aku SD,tp lupa SD kls brp,truz dr SD itu smpe ak SMP,ak ud berobat kmna2 dan dokter bilang kl ini TBC kelenjar,pdhal ak ga batuk2 dan mngalam gejala ap2 sama benjolan ini,cm dlu wkt SD,berat badan ak aja yg turun..

    sekarang aku ud ga berobat kmna2 lg krna saat trakhir dokter meriksa ak pas aku masih SMP,kta nya ak ud sembuh..

    ak prna disuruh tes dgn mngambil cairan di benjolan leher dan hasilnya ga knapa2 dan ak juga prna disuru ronsen paru2,kta na paru2 ak kotor tapi skrang sih ud bersih mlah ud sekitar 2-4tahun ak ga pernah berobat lg krn dokter bilang ak ud ga pa2..

    cm ak mw ty aj ni,ak takut aj ini klenjar getah bening krn pas ak bca di bbrapa artikel,artikel itu bilang hrs hati2 kl ad benjolan di leher,paha dan ketiak…

    ak trnyata py bbrpa bnjolan di paha,ketiak,leher kiri-kanan dan ad juga di belakang kepala…

    wah,jd serem jg nih..tp slama ni ak ga prna cek ke dokter krn ak pkir ak ga nunjukin gjala ap2..ak sehat2 aj..ga prna ad gjala batuk2,kringat mlm hari atau demam..

    kl ad yg bisa ngejelasin ke ak krm email aj ke ak krn ak jg pusing bca artikel ini kepanjangan

  4. dari artikel diatas, lebih banyak membahas pembesaran KGB di sekitar leher,

    Bagaimana dengan benjolan di ketiak ?

    mana yang lebih berbahaya ? diketiak atau di Leher ?

    saya ada benjolan di ketiak sebelah kira-kira sebesar telor ayam, muncul tiba-tiba dan sampai komentar ini ditulis, pembesaran KGB sudah 2 bulan. dan disekitar leher kanan ada pembengkakan tapi masih belum terlihat.

  5. Posted by thony on Januari 12, 2009 at 9:33 pm

    mohon bantuan pencerahan.

    anak saya usia (waktu itu 14 hari) (ndak tau mulai kapan) ketahuan ada benjolan segede jempol jari tanganku di leher bagian antara bawah telinga dan bawah rahang, tadinya kira kita salah urat atw tulang, terus di pijitin kq ga rewel dan ga panas artinya anaku ga kesakitan klw di sentuh benjolannya, ndak ada tanda2 anaku sakit (panas) cm kayaknya lehernya kaku klo di tengokan ke kanan, dan anak saya selalu tengok ke kiri terus, dan jg lehernya kaku ndak bisa memiringkan kepala ke kiri, dan selalu miring ke kanan, setelah usia 30hari saya khawatir bgt, sbb benjolan di leher anak saya kelihatannya bertambah besar, padat dan ndak pindah2 klw di tekan. akhirnya saya bawa ke dokter anak, katanya kelenjar getah bening,

    pertanyaan saya, kira2 apa penyebab kelenjar getah bening pada anak saya? apa akibat selanjutnya? kami harus bagaimana? sebaiknya di bawa kemana? soalnya klw anak saya mau saya periksakan kesana kemari, takutnya ank saya capek dan rentan kena penyakit karena msh kecil bgt, harap di ketahui, rumah saya jauh dari kota dan dokter2 spesialist. untuk itu mohon pencerahannya, di bawa periksakan ke dokter mana (spesialist apa?) anak saya? terus bagaimana pengobatannya?

    mohon pencerahanya untuk siapa saja.

    trims sebelumnya.

    tony,

    email: wedozh@yahoo.com

    tlp: 0285-4468683

    hp: 08112606797, 081914112717

  6. saya ada benjolan di dlm perut kanan dan terasa nyeri kl di tekan, dokter blg itu adalah kelenjar, apakah benar itu bisa di katakan kelenjar limfe? apakah pengobatannya hanya satu-satu nya cara melalui operasi. Apakah tidak ada obat lain? thanks

  7. Di leher sebelah kaanan aq ada benjolan yang lumayan gede,awalnya aq g’ pernah dengan adanya benjolan itu.Tapi kok lama2 kayaknya malah tambah gede aja.Akhirnya aq periksa k dokter,trus dokter nyuruh aq buat tes patologi (tes yang d ambil cairan dari benjolan itu),ternyata setelah tes patologi,aq kena infeksi kielenjar getah bening.Aq sempat stres juga waktu itu,tapi kata dokter g’ perlu kwatir,ini bisa sembuh dengan minum antibiotik. Suatu hari aq baca artikel tentang LIMFOMA MALIGMA,d situ aq baca kalo pembengkakan KGB,bisa jadi kanker KGB,kalo qt punya keturunan yang pernah menderita kanker.Dan sampai sekarang aq berharap kalo sakitku ini cepat sembuh.

  8. Posted by ritama on Januari 30, 2009 at 3:57 am

    adik saya perempuan usianya 26 th sudah menikah, di leher depan ada benjolan, ketika menelan air liur terlihat benjolan tsb, apakah itu gejala kanker getah bening?

  9. Posted by putri on Januari 31, 2009 at 5:11 am

    dear ibu yang baik,,,,,,,,,,,,,,,,,

    bu,bayiku sejak da benjolan dileher kiri sebesar genggaman orang dewasa sampai belakang telinga, kenyal dan sepertinya dia tidak merasa kesakitan, tetapi waktu usianya 3bulan benjolan itu hilang dan pulih. sekarang usianya 4 bulan kok malah tumbuh lagi setelah imunisasi yang ke 4. pa benjolan itu berbahaya? tolong penjelasannya, qbener2 kasihan dia tidak bisa bebas bergerak. pa harus dioperasi atau ada cara yang lainya? tolong balas di email saya. trims

  10. Di bgian leher sblah knan aq jg ad bnjolan wktu itu prnah d oprasi, tetapi timbul lgi mmang kta dokter virus yg trdpt d KGB aq itu nyebar d saluran pembuluh darah aq, itu terjadi jga krna aq ga ngabisin obat yg d ksih dokter.

  11. Posted by rizkya on Februari 2, 2009 at 3:03 am

    bayi saya sejak lahir ada pembesaran yang teramat besar dileher sebelah kiri sampai belakang telinga. sewaktu usianya 3bulan sempat hilang, tetapi ketika 4 bulan kok tumbuh lagi lebih besar dan agak mengeras, padahal dulu lunak dan bisa bolak-balik depan belakang cuma membesar klo lagi tegang(mengejan), tapi sekarang kok diem anteng dan keras? qbener2 cemas, mohon pencerahanyya. apa itu berbahaya dan bagaimana cara mengobatinya? tolong infonya..

  12. Posted by febry pjkr untan on Maret 12, 2009 at 2:30 pm

    saya mahasiswa penjaskes untan ingin tahu tentang getah bening yang ada dalam mata kuliah ilmu faal saya .

  13. Posted by andien on Maret 17, 2009 at 9:53 am

    saya memiliki benjolan2 kecil2 dibawah kulit ketiak kiri dan kanan (yg lebih byk disebelah kiri lbh kurang 5 bnjlan), tidak terasa sakit,tidak memerah,apabila saya pegang benjolannya tdk bergerak,ukurannya tidak membesar, saya juga tidak ada keluhan apa2 dengan benjolan ini, kalu saya mau menstruasi saja mmg agak terasa sedikit sakit dan benjolannya terasa, walau begitu saya merasa takut karena benjolan ini sudah ada sejak 1 tahun dan tidak menghilang2 sampai sekarang, saya juga takut kalau benjolan ini akan berbahaya. Apakah benjolan ini bisa menyebabkan FAM atau berpengaruh dengan payudara????apa penyebabnya???

    oh iya…saya juga sering mengalami seperti bisul diketiak. Apakah ini juga bisa diakibatkan oleh benjolan2 ini???Trus kalau mau ke dokter, kedokter mana untuk memeriksakannya?

    saya mohon bantuannya. kirim aja ke email saya.makasih..

  14. Dear all yang tanya limfadenopati,

    saya bukan dokter dan tidak pakar tentang hal ini saya hanya sharing artikel ini saja yg saya ambil dari web sehat web favorit saya.. jd maaf kalo ga bisa jawab pertanyaan di bagian ini. trims

  15. Posted by dian yamasanti on Maret 20, 2009 at 3:39 pm

    Thanks buat artikelnya, it helps a lot..semoga menjadi ladang amal untuk penulisnya, amiin

  16. Posted by sweety on Maret 26, 2009 at 4:39 pm

    hai…

    mau tanya neh, kalo gejalanya disertai dengan rasa sakit di sekitar perut, n air liur mengandung darah…

    apa itu juga gejala getah bening.

  17. Posted by sweety on Maret 26, 2009 at 4:41 pm

    hai…

    mau tanya neh, kalo gejalanya disertai dengan rasa sakit di sekitar perut, n air liur mengandung darah…

    apa itu juga gejala getah bening.

    makasih.

  18. Posted by irwan on Maret 29, 2009 at 2:44 pm

    Gejala saya adl:

    - Terdapat benjolan di leher

    - tidak terdapat gejala panas,penurunan berat bdn

    - gejala ini munculsekitar 1bln belakangan ini

    Yang sy tnyakan kr2 termasuk yg ganas g y, obtnya apa? Mohon solusinya

  19. Posted by Agnes on April 2, 2009 at 8:29 am

    Dengan hormat,

    Dok saya lagi hamil 4 bulan dan saya juga ada kelenjar TB. Tadinya sebelum saya tau hamil saya lagi berobat kelenjar TB saya lalu setelah hamil saya berhenti karena anjuran dokter paru, tetapi dokter internist menganjurkan saya untuk terus melanjutkan. Sekarang ini sudah sebulan lebih sedikit saya berhenti merawat kelenjar TB saya. Di keluarga saya juga dulu adik saya pernah terkena kelenjar TB dan sudah selesai diobati.

    Saya sangat kuatir kalau kelenjar TB ini akan mempengaruhi kehamilan saya karena saya sudah pernah keguguran sebelumnya. Dan umur saya sudah 34 tahun, ini adalah kehamilan anak pertama. Sejauh ini semuanya baik-baik saja. Saya sering enek-enek tapi ga yakin karena kehamilan atau karena kelenjar TB ini, karena katanya kelenjar TB bisa bikin enek-enek juga.

    Menurut dokter paru yang saya temui ini asalkan tidak ada dalam darah maka kelenjar TB ini tidak akan mengganggu kehamilan saya, tapi ada resikonya cuman kecil gitu katanya, tapi saya konsentrasi ke kehamilan saya saja dulu.

    Menurut dokter internist saya WHO menyatakan tidak mengapa memakan obat TB dan hamil pada saat bersamaan karena dengan tidak merawat kelenjar TB resikonya malah lebih besar. Nah loh…saya kan jadi bingung karena terus terang dari ekspresinya saya dapat melihat kalau kedua dokter tidak yakin harus bagaimana.

    Juga obat kelenjar TB yang dari dokter internist saya ini pernah saya tunjukkan ke dokter paru saya dan dia agak bingung melihat dosisnya kecil.

    Ditambah lagi keluarga saya ribut terus katanya kalau kelenjar TB tidak dirawat maka akan menular dan mereka memperlakukan saya seperti orang kena penyakin lepra saja. Padahal kedua dokter yang saya temui itu ditambah sebelumnya dokter umur menyatakan tidak menular.

    Jadi tolong dok berikan saya “peace of mind” apa yang sebenarnya harus saya lakukan. Terima kasih.

    Regards,

    Agnes.

  20. apa benar benjolan yang ada dileher itu bisa hilang?karena teman saya mempunyai benjolan dileher..bagaimana pendapat anda?

  21. Posted by Dea sapitri on Mei 4, 2009 at 10:41 pm

    Sy pny kelenjar TB d leher bag.kanan,,slm ini sy minum obat dr dokter tp obat kimia sy tkt akan t”jadi infeksi pd hati sy,,sbnr’a ap sich obat herbal untk pnyakit sy,mksh.

  22. Posted by W iwin Wijayanti on Mei 5, 2009 at 4:07 am

    Asslam.

    Jadi bintik2 merah pada penderita HIV/AIDS itu karena neoplasma ya? bukan karena hipersensitivitas..

    mohon bisa dijelaskan bagaimana patogenesisnya..

    Buat infonya –Thanks..

  23. Posted by iqbal on Mei 18, 2009 at 2:50 pm

    thanks..

  24. Posted by Yasmine on Mei 23, 2009 at 2:00 pm

    Penyembuhan untuk penderita Kelenjar Getah Bening bila di ketahui sejak dini biasanya berapa lama? Dan adkah pantangan untuk para penderita kelenjar getah bening tersebut?

  25. maaf nich aku mau nanya aku punya benjolan di leher saat usia 7 th tp tidak lama kemudian pecah sendiri saat benjolannya sebesar buah jeruk,di usia 19 th kambuh lagi tp sampai saat ini tidak sama sekali operasi karena takut membekas ? yang aku tanyakan apakah penyakit ini membahayakan…trus apa yang harus aku lakukanuntuk menyembuhkan penyakit ini ???? thx.

  26. Posted by ade on Juni 16, 2009 at 5:17 pm

    untuk mengatasi KGB gmn??

  27. Posted by ichi on Juli 14, 2009 at 9:23 am

    aku ichi,

    apkah da cara lain yang untuk mngobati klenjar ini?slain operasi?

    mnurut anda apkah cra alternatif itu ampuh untuk menghilangkan KGB.?.biopsi tu pa?berbahaya gk c klu KGB dah klamaan gk diobatin?..mkasih

  28. Posted by ichi on Juli 14, 2009 at 9:26 am

    o y da pntangan gk c bgi penderita KGB?trutma pntang soal mknan.

    mksih

  29. Posted by sendy on Agustus 31, 2009 at 9:38 am

    saya sendy berusia 22th..

    sebelumnya 1th yg lalu saya punya benjolan kecil di dkt kuping tp lama2 membesar trus saya berobat,dokter mengatakan klo saya terkena infeksi kelenjar getah bening.slama saya berobat benjolan tersebut berubah jadi cairan dan menjalar sampai di bawah rahang.setelah kluar berupa nanah tp tdk bau..karna saya males minum obt akhrnya benjolan tersebut kempes dan berhenti mengeluarkan cairan,,stelah 1th kmudian tepatnya bulan ini saya mengalami sperti itu lg.benjolan ad di bawah telinga,skarang saya sedang menjalani pengobatan.benjolan tersebut skarang jd aga besar dan terasa nyeri klo dipegang.saya ingin skali sembuh total dari penyakit ini.tp saya mau bertanya mungkin ini ad hubungannya,sebelumnya saya punya gigi dr kelas 2 SMP berlubang di bagian gigi bawah yg tidak pernah mengalami sakit gigi sampai skarang.apa ini ad pengaruh dgn penyakit saya???

    tergolong KGB ap saya???pengobatan ap yg tepat utk menghilangkan penyakit saya???

    trima kasiii

  30. @sendy, kalo ini saya kurang ngerti saya copas artikel ini dari web sehatgroup.web.id.

  31. Posted by nety andriani on September 7, 2009 at 10:07 am

    saya punya adek perempuan usia 24th.

    selama setahun belakangan, ada pembengkakan di bagian pangkal paha doi yg sebelah kanan. kalo sedang bengkak, biasanya doi merasa sakit di bagian tersebut dan daerah yang bengkak kalo dipegang keras seperti batu. Doi juga merasa sakit bila sedang duduk atau berjalan. Sakitnya doi rasakan hingga ke bagian pinggang. Proses pembengkakannya biasanya berlangsung selama beberapa hari hingga seminggu lebih. Daerah pangkal paha biasanya bengkak, bila doi kecapekan beraktivitas.

    Beberapa bln yg lalu, doi dioperasi usus buntu, krn menurut beberapa dokter yg memeriksa; bengkak tersebut dikarenakan usus buntu.

    Tapi ternyata bengkaknya datang lagi. Adek saya tidak memeriksakan diri nya lagi di RS tersebut, krn sdh lulus dari sekolahnya dan skrg sdh bekerja di daerah asal saya, yg krn msh termasuk daerah pemekaran, blum ada peralatan yg menunjang utk melakukan pemeriksaan secara intensif.

    menurut ibu, apa yang sebaiknya saya lakukan?

    adek saya sdh pernah di rontgen, dan dinyatakan oleh 2 dokter spesialis penyakit dalam, tidak terdapat penyakit apa-apa….

    trima kasih atas bantuannya.

  32. gejala ini berawal dari aku deman panas,sakit tengorokan setelah makan gorengan,aku biasanya tdk peduli akan kondisi seperti ini

    dan itu biasa dialami,pikir aku seminggu pasti sembuh,karna hampir

    2 mgg aku biarin.di leher aku sebelah kiri ada pembengakan,dan

    itu sangat menganggu utk minum saja cukp sakit tuk menungguknya.dan hal ini aku tya kakak saya n tmn mrk bil itu gejala gondongan karna aku nga gerti sama sekali,aku jg tdk minum

    obat sm sekali cm berharap mnm air putih yg byk bisa meredakan

    sakitnya.merasa tdk sembuh aku kedtr (umum )dan divonis kejar tbc ktnya?ktnya ini disebabkan virus,cek darah n paru2,tp parunya baik cuma berat badan aku menurun 2 kg.trus aku pernah melakukan biopsin di tgan kiri ada cairan yg timbul setelah bioksin,kt dtr (spesialis ) aku kena KGB.tp obt yg diksh

    dtr tdk cck sy merasa pusing + ada timbul bercak2 merah sebesar logam di daerah badan + paha,sy balik tuk penukaran obt ternyata sm juga bercak merah tp membesar.akhirnya aku tdk minum obt itu.setelah tdk minum bercak2 merah ilang.saya khawatir pembengkakannya timbul benjolan sebesar kelereng apakah ini kanker?krn aku tt 165,bb 46kg menyusut dr 3kg dr sebelumnya.aku sempat melakukan scan ct di leher hsl yg didptin 0.5cm kt dtr (pyt dlm/dharmais ) itu tdk apa2.tp saya cm mekalukan satu kali pengobatan saja.YG SAYA TYAKAN APAKAH KGB SY GANAS JK SAYA TDK MELAKUKAN PENGOBATAN,DAN BERAT BADAN SAYA SUSAH TUK KEMBALI KE 49/50.makasih

  33. Posted by cici on Oktober 12, 2009 at 5:36 am

    saya punya benjolan2 kecil juga di leher kanan dan kiri,dbawah rahang dan d belakang telinga saya, kadag muncul d ketiak, setelah membaca bacaan yang di atas mungkin yang di leher tu normal,namun apakah benjolan yg ada d belakang telinga saya itu normal krn benjolan itu sudah ada dr beberapa tahun yg lalu, besarnya sebesar kelereng, klo saya sakit,benjolan itu akan membesar dan sakit jika d tekan, pada ketiak pun sama jk muncul terasa sangat sakit, tp bnjolan d ketiak hilang setelah beberapa hari. saya pernah bertanya pd dokter tp saya tdk pernah d beri tw saya sakit apa dan dokter hanya membera vitamin dan obat yg nm’a IBUPROFIN lo tdk slah.

    sekarang saya sering sakit2n, cepat lelah, mudah pusing, tensi darah saya selalu dbawah 100, brat bdan saya trun mnjdi 35kg pdhl tggi saya 157cm.

    saya hanya ingin tw apa saya sakit?

    trima ksih.

  34. saya juga mnderita KGb udah hmpir 1th,sy jg mnderita TB paru2 dn sekarang sedang tahap penyembuhan,kini umur saya 22th.timbul bnjolan2 kecil d sekitar leher kiri kanan saya.saya takut ini kanke,sy pernah coba alternatif pijat tp slama 2 bln tp,gk ad hasilnya sama sekali.saya minta saran bgmn cara saya sembuh dari penyakit aneh ini dok???soalnya saya gk punya gejala ap2,batuk atw ap saya gk punya saya seperti org normal layaknya.bgmn caranya agar saya bisa sembuh dan normal kembali???

    NB:bales k email saya aj y dok,trmkasih atas partisipasinya.

  35. saya ingin berbagi tentang info obat yang dapat menyembuhkan hampir smua jenis kanker

    jika berminat hub saya lewat email atau sms ke no hp saya dibawah ini

    gatan_inf@yahoo.co.id – no. HP 0811691819

  36. saya laki2 berusia 29 th.kedua kaki saya bengkak, empuk n tdk bs keras meski sdh olah raga keras. saya mulai sadar pada saat saya berusia 12,tp tdk ada keluhan sakit.hanya saja sejak itu saya jadi malu pake celana pendek.saya sudah beberapa kali ke dokte maupun alternatif.kata mereka saya kurang gerak.padahal gak jg.bahkan dulu aktif di karate

  37. mantap nich artikelnya, sangat berguna sekali

  38. Posted by rizki on November 28, 2009 at 2:59 am

    saya menderita radang kelenjar getah bening,,,apakah hal ini bisa menjurus pada kanker.Bagaimana cara pengobatan yang benar?

    selama ini keluhan yang saya rasakan hanyalah rasa lelah yang tiba2 muncul padahal aktivitas saya tidak terlalu melelahkan,apa keluhan lain yang akan timbul?

  39. Posted by sayid husri on Desember 16, 2009 at 3:14 pm

    Istri saya ada pembengkakan di Punggung tangan kirinya, setelah di periksa ke RSUD katanya itu gejala getah bening…apa benar? klu iya apa bisa di obati/dibiarkan kempes sendiri? dan klu tdk itu gejala apa??? tlng penjelasannya ….. terima kasih..

  40. ada cara lain gk untuk mnyembuhkan kljar gtah bning slain oprasi?kalaupun operasi bs sembuh total gk?

  41. Posted by Gipcul on Januari 10, 2010 at 8:30 am

    saya laki2 berusia 17 tahun. di samping kuping saya ada benjolan. waktu itu saya udah periksa ke dokter penyakit dalam katanya ini kelenjar getah bening. saya udah ada benjolan ini kira-kira 2 tahunan dan saya tidak cerita pada orang tua saya. benjolan ini ada 2 seperti berdampingan. benjolannya keras, dapat digerakkan, ukurannya >1,5 cm. Apakah ini bisa diobati tanpa operasi ?

    tlng penjelasannya yang lengkap.

  42. trims. artikel ini sgt brmanfaat bg saya.

  43. Posted by nona layala on Januari 17, 2010 at 8:59 am

    aku wanita berumur 24 thun…di belakang kedua telinga saya ad 3 nbenjolan,,d telinga kanan ada 2 benjolan ukurannya seperti kelereng,,dan di sebelah kirinya.. agak kecil,,,kemudian diantara rahang ada 1 benjolan leher sebelah kiri,,,leher sebelah kanan.awalnya hany satu saja tapi lama lama benjolan ini mulai banyak,,,nath bagaimana awalny saya juga tidak tahu,,,namum akhir akhir ini serig sekali leher saya menjadi sangat tegang,,kadang kadang semua kelenjar ini membesar,,,kadang kadang mengeciil..kelenjar ini bermacam macam ada yang keras padat dan ada juga tang lembek yang bisa bergeser gesr,,,

    saya minta penjelasan atasa apa yang sa alami….kirim jawabannya melalui email…..

    teima kasih…

  44. Posted by jonatan on Januari 20, 2010 at 3:43 am

    saya memiliki 1 anak laki2 umur 23 bulan, awalnya timbul benjolan sebesar kelereng tapi lebih kecil lagi di belakang kepala deket leher, tp beberapa waktu kenudian hilang. tapi skarang muncul lagi dan tambah lagi di leher ada skitar 3 benjolan yg lumayan besar karena kalo dia nengok ke kiri ato ke kanan itu keliatan skali, kalau dipegang lembek dan mudah bergerak.

    Kemaren sudah tanya ke dokter katanya itu kelenjar getah bening, lebih baik di ronsen dulu biar tau apakah bahaya ato tidak.

    Saya mohon bantuannya, apa yg harus saya lakukan, karena saya sangat kuatir sekali…….

    Terima kasih,…GBU

  45. Posted by lutfi fhanni uji astuti on Februari 4, 2010 at 3:24 am

    saya seorang ibu berusia 30 th dengan 2 anak. baru satu minggu ini saya mengetahui kalo diketiak saya ada benjolan kecil, tidak terasa sakit sama sekali. itu sebabnya saya baru mengetahuinya. ketika mandi, tanpa sengaja teraba oleh saya. kalo saya boleh tanya, apakah itu berbahaya atau tidak ya? karena saya sangat ketakutan. saya jg takut sama yg namanya dokter, jd sampai saat ini saya tidak berani konsultasikan masalah ini ke dokter. mohon bantuannya, terima kasih

  46. Posted by vienviens on Februari 7, 2010 at 7:17 am

    assalamualaikum dok..,,

    saya mau tanya tentang seputar penyakit kelenjar getah bening.

    klu menurut dokter obat alternatif/herbal apakah yang baik untuk penyakit tersebut yang tidak mempunyai efek samping???

    dan dapatkah benjolan getah bening dihancurkan tanpa melalui operasi??

    dan bagai mana cara mengurangi agar benjolan tidak menyebar???

    tolong kasih solusinya dok.,,

    thanks before..,,

  47. Posted by vienviens on Februari 7, 2010 at 7:27 am

    saya mau tanya tentang seputar penyakit kelenjar getah bening.

    klu menurut dokter obat alternatif/herbal apakah yang baik untuk penyakit tersebut yang tidak mempunyai efek samping???

    dan dapatkah benjolan getah bening dihancurkan tanpa melalui operasi??

    dan bagai mana cara mengurangi agar benjolan tidak menyebar???

    tolong kasih solusinya dok.,,

    thanks before..,,

  48. assalamu’alaikum dok,

    sy punya anak laki laki, 10 tahun, kira kira 3 bulan yang lalu saya periksakan ke dokter karena dibawah rahang sebelah kiri ada benjolan, sudah sy periksakan dan kata dokter karena pengaruh karies gigi, giginya memang banyak yang lubang dok..

    pertanyaan saya dok, apakh itu berbahaya, dan untuk mengetahui lebih lanjut sebaiknya saya periksakan anak saya kemana,…? karena saya khawatir sekali,…

    terima kasih atas penjelasan dokter,

    wasalamu’alaikum wr.wb

  49. Posted by Dicky on Maret 15, 2010 at 4:44 am

    Assalamu’alaikum dok,

    Saya mempunyai benjolan dileher sebelah kanan benjolan tsb ada tiga benjolan kecil2 dan mempunyai benjolan dibawah ketiak sebelah kanan, benjolan dileher sering menimbulkan gatal dan kepala cepat pusing serta leher sering terasa pegal, sedangkan benjolan diketiak bila setelah melakukan aktivitas berat seperti mangankat beban berat akan terasa nyeri. Apakah benjolan tersebut berbahaya dan apakah itu gejala kelenjar getah bening? Mohon penjelasannya dan Terimakasih…

  50. Posted by dini on Maret 18, 2010 at 12:40 pm

    saya punya 2 orang anak laki2 dan keduanya pernah mempunyai benjolan di belakang lututnya,belum sempat saya konsultasi kedokter benjolannya sudah menghilang.tapi,saya tetap merasa khawatir.apakah benjolan di belakang lutut juga KGB

  51. Posted by Roni on Maret 31, 2010 at 6:11 pm

    Assalamualaikum dok.

    istri saya mempunyai bejolan di leher sebelah kanan,yang saya tanyakan apakah ciri ciri tersebut termasuk pembekakan kelenjar getah bening ?dan apakah obatnya ?

    saya tunggu jawabannya dok.

    terima kasih atas perhatiannya.

  52. Posted by Rasna on April 14, 2010 at 2:55 am

    Nama saya Rasna umur 52 tahun, saya sudah hampir 3 tahun mengalami benjolan di bagian rahang kanan dan di bawah telinga kanan sampai ke leher. Saya sudah dan sedang berobatjalan di sebuah rumah sakit, tetapi sampai sekarang benjolan tersebut belum hilang atau sembuh. Maksud saya mohon barangkali ada cara lain untuk penyembuhan penyakit seperti yang saya derita ini.

    Tk.

  53. saat ini orang tua saya 82 th, sepertinya mengidap kelenjar getah bening, dilehernya ada benjolan, terus benjolan itu sudah pecah dan mengeluarkan cairan putih yang sudah mengeras, kadang2 demam, berat badan turun drastis, yg saya tanyakan apakah ini betul KGB, kira2 apa obat untuk penyembuhannya? trims

  54. Posted by sarie on Mei 26, 2010 at 2:40 am

    assalamualaikum dok…

    saya 25 tahun belum menikah,, tahun 2007 lalu saya di diagnosa dileher sya kelejar tiroid dan membesar. tahun ini tepatnya kemarin 25 mei 2010 saya merasa ada yang aneh disekitar leher sebelh kanan dan kiri sbenjolan kecil. saya pikir itu kelejar tiroid tp ternyata setelah saya cek ke dokter spesialis penyakit dalam, dokter bilang benjolan itu kelenjar getah bening dan saya di suru pemeriksaan tes darah dr hemeglobin, trombosit, leukosit dan rontgen.

    dok, bahaya ga penyakit ini????saya butuh informasinya yang detail..makasih

  55. Posted by Dewi on Juni 8, 2010 at 9:02 am

    Sore Dok…..

    Saya 21th belum menikah, tahun 2006 didalam perut saya ada benjolan lama kelamaan benjolan itu semakin membesar. Saya sudah melakukan USG sebanyak 2kali tapi dokter yang bersangkutan tidak bisa menjelaskan penyakit saya ini cuma dikasih keterangan ada benjolan diperut saya seperti itu. lama kelamaan benjolan itu makin membesar sekepalan tangan didalam kulit perut saya, kemaren saya periksa lagi katanya saya terkena kelenjar getah bening apakah benar itu pak?

    Saya mintatolong untuk dijawab sejelas-jelasnya.

    Terima kasih sebelumnya

  56. Posted by luci on Juni 18, 2010 at 7:58 am

    Saya berusia 28thn,

    saya mau tanya

    ada pembengkakan di leher saya, saya sudah tes di patologi anatomi

    Diagnosa Kliniknya : Limfadenopati cervical

    Mikroskopik : Seadiaan apus terdiri dari sebukan padat sel radang terutama sel neutrophil dan sedikit sel lymphocit, sel plasma, dan histiocyt.

    Tidak ditemukan sel ganas / tanda2 specifik

    Kesan : Radang Akut Supperatif

    Itu semua hasil lab yg aq dapet

    Itu kenapa ya pak, sampe skrg dokter belom bilang ini kenapa

    dan kira2 apa tindakan yg harus dilakukan

    Saya tunggu balesan email bapak, segera!! karena saya sudah 2minggu timbul bengkak ini.

    Terima Kasih banyak ya…

  57. Posted by Sannia on Juli 7, 2010 at 5:52 am

    Saya Sannia, mungkin agak terlambat buat saya menanyakan ini..

    sjak lahir, saya sudah punya benjolan d belakang telinga kanan saya…

    saya belum pernah periksa secara detail ke rumah sakit, tapi saya iseng” kalo sakit biasa ke dokter, saya tanya, katanya ini cuma kelenjar getah bening, ga bahaya kok, paling kalo mau dibuang melalui operasi ringan aja katanya begitu…

    skrg saya 19 tahun, jujur ukuran kelenjar ini ikut membesar seiring pertumbuhan badan saya….tapi masi tidak terlalu besar, masih tertutup telinga kanan saya..

    orangtua saya sejak kecil menyuruh saya untuk operasi, tapi saya takutttt sekali..

    jarum suntik aja saya takut…

    menurut Anda sebaiknya gimana ya?

    apakah memang tidak bahaya?

    hmm, sejauh ini semuanya normal…

    apa ada solusi pengobatan alternatif?

    atau solusi terbaik tetap ke dokter ahli dan diperiksa secara teliti?

    saya takut setelah tidak sengaja membuka artikel ini…

    saya merinding…

    meski sebelumnya saya tidak menganggap apa” tentang kelenjar saya ini…

    tolong BALAS ke email saya ya jika Anda punya info apapun…

    Trimakasihhh

  58. Posted by Sannia on Juli 7, 2010 at 6:12 am

    oh ya, sekedar tambahan,

    mungkin skarang kira” sebesar biji salak yg kecil…..

    trims

  59. AKU PUNYA BENJOLAN DI KETIAK SBELAH KIRI,RASANYA NYERI,N AGAK KEMERAHAN…GEDENYA MGKN SEGEDE TELOR PUYUH,NONGOLNYA…N RASANYA GA NYAMAN BGT ADA TEPAT DI BWAH KETIAK INI,N RASA NYERINYA WALAU TANPA DI RABA NYERINYA MUNCUL SENDIRI,SDH 2BLN MERASA ADA BENJOLAN NYA SIH,,,,BISA DI BERI SOLUSI GA’????BUAT NGILANGIN BENJOLAN N RASA NYERINYA?????APA GA PA” KLO AKU ANGKAT AJA LWAT OPERASI????APAKAH TDK AKAN KEMBALI LAGI ITU KGB nya???thax BLASNYA DI EMAILKU AJA

  60. Posted by santi on Juli 23, 2010 at 4:31 pm

    mlm dok…

    wktu sy berumur 19thn sy termasuk org yg pnya benjolan dileher kanan,sy periksa kedokter ternyata benjolan itu adlh kelenjar getah bening,sy menjalani kontrol selma 9bln lama`y & alhmdulillah sembuh..

    tp kok skrg sy berumur 26thn benjolan itu ada lg,apa karna dr makanan jg…tlg mnta dijelaskan knp? mksh

  61. Posted by Haryanto on Agustus 1, 2010 at 11:07 am

    Salam hangat buat dokter

    Saya seorang laki2 dengan umur 29thn,sekitar 3 minggu yang lalu pas bangun pagi tiba2 ada pembesaran dileher saya bagian kanan bawah dan sebelumnya saya terkena sariawan dan radang tenggorokan, setelah itu saya konsul ke dr. penyakit dalam dan disuruh minum obat TBC selama 6bln kemudian 2 hari llu saya demam tinggi dan leher terasa sangat sakit, pembesaran dileher saya kalau diperkirakan besarnya kurang lebih seperti biji pala atau spt kelereng.

    Pertanyaan saya :

    1. Bisakah pembesaran itu mengecil soalx sudah 3 minggu tidak kecil2 juga;

    2. Adakah alternatif lain untuk menyembuhkannya;

    Mohon bantuan penjelasan dokter selain di posting melalui web dokter, saya juga minta tolong dikirim ke mail saya (haryanto.apt@gmail.com)jawabannya….sekian dan terima kasih banyak

  62. Posted by henky ichsan on Agustus 3, 2010 at 4:05 am

    saya mempunyai benjolan d belakang kepala sebesar kelereng

    apakah bisa hilang or harus d operasi!!

    oh ya kl blh tau makan yg ga blh d makan apa aja!!!

  63. Posted by vinny on Agustus 25, 2010 at 2:04 pm

    adakah maKANAN YG GA BISA DIMAKAN OLEH ORANG YG KENA KGB, DAN ANAK SAYA LAKI2 UMUR 11 THN ADA BENJOLAN DI LEHERNYA SEKITAR 6 BUAH SEBESAR KELERENG, TAPI DIA SEHAT2 AJA DAN GA DEMAM KLAU DIPEGANG GA SAKIT, BENJOLAN TSB SDH SEKITAR 4 THN,APAKAH ITU BERBAHAYA?

  64. Posted by idoy on Oktober 13, 2010 at 6:56 pm

    KGB itu uda termasuk kanker blm sih.??

    Trus knapa pada tkut d operasi sih.?? Emg stlah oprasi bakalan knp2 ya.??

  65. Posted by devy on Oktober 18, 2010 at 1:31 pm

    cemas ne…

    2 minggu ni di leher knan qu ada bnjolan…

    sblm nya aqu dah di diagnosa dokter menderita Fam….

    gmn tu….????

  66. Posted by bin muhsin on November 1, 2010 at 5:58 am

    Komentar Anda sedang menunggu moderasi.

    saya hanya akan memberikan kabar gembira bagi semua yang tengah diuji dengan kelenjar getah bening… alhamdulillah Xamthone Plus yang saya jual dihttp://www.waralabaxamthone.com terbukti mencegah dan mengobati kelenjar getah bening. Selanjutnya saya minta ijin untuk meng-copy artikel ini di blog saya http://www.grosirxamthoneplus.blogspot.com dengan harapan bisa memberi manfaat lebih banyak bagi teman – teman yang lainnya.. amin

2 komentar:

  1. Hari ini membaca begitu banyak komentar di blog saya ini pertama kali yang ingin saya lakukan adalah meminta maaf karena belum sempat menanggapi atau membalas kometar - komentar tersebut, mohon maklum karena nengelola begitu banyak blog dan website... tetapi baiklah saya akan coba berbagi pengalaman tentang kanker kelenjar getah bening dan xamthone plus yang saya jual...

    BalasHapus
  2. Sebagai pengelola blog saya hanya bisa mengatakan: "Apapun jenis keluhan kelenjar getah beningnya, dimanapun benjolannya... cobalah konsumsi dan berobat dengan xamthone plus dan rasakan khasiatnya setelah minum 1 sd 3 botol." Tentu saja ini saya katakan berdasarkan pengalaman saya menghadapi orang-orang yang terkena kanker kelenjar getah bening dan alhamdulillah banyak sekali yang merasa tertolong.
    XAMTHONE PLUS Jus manggis untuk segala penyakit. Peluang usaha waralaba jus manggis xamthone plus klik www.waralabaxamthone.com UNTUK BELANJA ONLINE KLIK www.binmuhsingroup.comDETAILPRODUK KUNJUNGI www.grosirxamthoneplus.blogspot.comUNTUK PEMESANAN HUBUNGI :HP: 085227044550 Tlp: 021-91913103 SMS ONLY: 081213143797@MyYM @MyFacebook @MyTwitter @MyYuwie @MyFriendsterbinmuhsin_group@yahoo.co.id

    BalasHapus